PELUANG BISNIS BAGI MAHASISWA

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS 

BAGI MAHASISWA


                                                                 Disusun oleh:

                                                                  Nama           : Fahad Rizal Utama
                                                                  NIM            : 16.11.0879
                                                                  Kelas           : S1-TI014
                                                                  Kelompok   : J

UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
Jl. Ring Road Utara Condong Catur, Yogyakarta Telp. (0274) 884 201-204
Website : www.amikom.ac.id Email: amikom@amikom.ac.id
ABSTRAK
 

 Masih berstatus mahasiswa bukanlah alasan untuk tidak bisa memulai usaha sendiri atau berwiraswasta.Buktinya sudah banyak pengusaha di tanah air yang sukses membangun bisnisnya sejak masih belajar di perguruan tinggi. Jika Anda ingin memulai usaha masa kuliyah ada masa yang sangat tepat sekali.

Diartikel ini kami akan membahas tentang peluang usaha untuk mahasiswa dengan modal relatif kecil. Tentunya Usaha ini tidak menggangu aktivitas anda sebagai mahasiswa dan modal yang dikeluarkan sangat sedikit bahkan boleh dibilang tidak ada mengeluarkan modal. Banyak sekali peluang bisnis untuk mahasiswa yang bisa dijalankan tanpa menganggu aktivitas perkuliyahan. Jika anda ingin sukses membangun usaha, sebaiknya cari lah usaha yang sesuai dengan bidang yang sedang anda tekuni.



1. Jasa Penerjemahan

Bidang usaha ini sangat cocok bagi para mahasiswa yang tengah mempelajari bahasa asing. Ide usaha untuk mahasiswa ini bahkan dapat dimulai tanpa modal besar karena bekal utama Anda adalah keilmuan yang mendalam tentang bahasa asing sumber yang Anda kuasai.

Jasa penerjemahan dari bahasa Indonesia ke bahasa asing dan sebaliknya adalah profesi yang tak pernah habis karena ada berbagai sumber yang membutuhkan penerjemahan seperti buku, film, dokumen, dan lain-lain.

Karena Anda bekerja secara mandiri harus diingat agar pandai dalam membagi waktu agar kuliah tetap lancar dan klien pun tidak kecewa karena hasil pekerjaan yang tidak memuaskan. Promosikan bisnis Anda pada sosial media seperti facebook atau twitter dan tempat lainnya.
Bila Anda profesional dalam mengerjakan bisnis ini dengan sendirinya klien akan berdatangan karena rekomendasi dari mulut ke mulut.


2. Jasa Web Designer

Jasa web designer merupakan salah satu peluang usaha untuk mahasiswa yang cocok untuk dijalankan. Di jaman dengan kemajuan teknologi seperti ini jasa web designer menjadi profesi baru yang layak dipertimbangkan.

Sekarang semakin banyak badan usaha, unit kerja, atau pun online shop yang memerlukan jasa web designer untuk merancang website yang cocok bagi mereka. Untuk terjun di bidang ini tentu dibutuhkan kemampuan mumpuni dalam bidang pemrograman dan content management system.

Tentunya bidang ini sangat sesuai untuk mahasiswa jurusan IT atau komputer, walaupun sekarang sudah banyak orang yang mempelajarinya secara otodidak.

Dua ide di atas bisa dicoba sebagai peluang bisnis yang bisa dijalankan oleh mahasiswa. Syarat untuk berhasil adalah tekun dan tak mudah putus asa, serta sabar dalam menjalani prosesnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

” Thinking is easy, acting is difficult, and to put one’s thoughts into action is the most difficult thing in the world. “

” Berpikir itu mudah, berbuat itu sulit, dan membuat pikiran menjadi perbuatan adalah hal tersulit di dunia. “

~Johann Wolfgang~




 sumber

http://wirabisnis.com/peluang-bisnis-yang-cocok-dijalankan-mahasiswa.html